Wednesday 22 August 2018

PERBEDAAN NUSANTARA SEHAT BERBASIS TIM DAN NUSANTARA SEHAT INDIVIDU


PERBEDAAN NUSANTARA SEHAT BERBASIS TIM DAN NUSANTARA SEHAT INDIVIDU
          Assalamu Alaikum Wr. Wb ….
          Hey guys apa kabar nih? Baik-baik sajakan? Sehatkan? Jawab dong jangan diam aja. Yah walaupun hanya dalam hati, tapi jangan mudah menyerahkan hati karena takutnya nanti sakit hati.
          Yaelah hubungannya apa coba, sang penulis mulai baper mungkin karena keseringan laper.
          Baiklah kita kembali ke pembahasan, nggak usah terlalu banyak salam pembuka yang tidak berfaedah, nanti pada bosan jadinya nggak dibaca sampai habis, kan kasihan sudah capek-capek nulis tapi yang baca diri sendiri. #sudah nggak usah curhat woiiiii….
          Btw kali ini kita akan bahas tentang perbedaan Nusantara Sehat Berbasis Tim (NST) dan Nusantara Sehat Individu (Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu) atau yang lebih kerennya sih kita sebut saja NST dan NSI.
          Mungkin masih banyak yang bingung dengan perbedaan kedua program dari Kementerian Kesehatan ini. Sebenarnya sih secara garis besar kedua program ini tujuannya sama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di DPTK dan DBK dengan kontrak selama 2 tahun.
         

Tapi di balik persamaan pasti ada perbedaannya, dan kita akan bahas perbedaannya disini.

       Setelah melihat tabel diatas, sudah ada pencerahan belum??? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu :
1.    NST penempatan berupa TIM sedangkan NSI penempatan INDIVIDU. Jadi sudah jelas kan guys, NST formasi tim yang terdiri dari 5-9 orang yang terdiri berbagi profesi tenaga kesehatan yang berbeda. Kalau NSI penempatannya formasi perorangan tapi bukan berarti dipenempatan kita sendiri. Loh maksudnya??? Jadi gini guys, penempatan di NSI itu sesuai kebutuhan tenaga kesehatan dari puskesmas. Misalkan puskesmas A kekurangan 1 tenaga bidan, 1 tenaga farmasi, 1 analis. Maka dipenempatan tersebut akan di butuhkan 3 tenaga nakes. Dan jika di puskesmas hanya butuh 1tenaga nakes maka dipenempatan itu hanya 1 tenaga nakes NSI nya.
2.    Kalau di point kedua ini semuanya pasti sudah mengertikan, bedanya di NST kita akan ditempatkan dalam bentuk tim dengan profesi berbeda contoh tim terdiri dari 5 nakes yaitu 1 analis, 1 Perawat, 1 Bidan, 1 Farmasi, dan 1 tenega Gizi. Sedangkan di NSI bisa saja dalam satu penempatan terdapat 3 bidan, 2 perawat, 1 analis dan itu semua tergantung kebutuhan puskesmas penempatan yang telah kita pilih.
3.    Nah untuk point ketiga, keempat dan kelima ini sudah jelas. Jadi bagi yang ingin bergabung di NS tapi umurnya sudah 30 tahun keatas yah silahkan bergabung dengan mengikuti perekrutan NSI. Dan juga yang sudah terlanjur menikah dan ingin bergabung, tidak usah khawatir apalagi sampai mau menceraikan pasangan karena ingin ikut NS karena sekarang bisa memilih mengikuti NSI yang jelas harus mendapat izin dari pasangannya. Dan untuk tesnya secara umum sama sih.
4.    Point keenam yaitu pembekalan dengan sistem yang jauh beda. NST pembekalannya sampai 35 hari dengan berbagai materi yang dipelajari secara mendalam tentang program yang ada dipuskesmas, mulai dari belajar tentang cara menyusun program yang ada di puskesmas, sampai pada program yang akan kita jalankan untuk puskesmas di penempatan dan juga terdapat pelatihan bela Negara dengan sistem yang lebih ketat, mulai dari latihan fisik, mental dan kekompakan. Sedangkan di NSI waktunya lebih singkat yaitu pembekalannya hanya 10 hari dan peraturannya tidak seketat di NST, dan tentu saja materinya tidak selengkap di NST, dalam 10 hari itu kita memperlajari tentang materi program nasional yang akan dilaksanakan di puskesmas. Seperti Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), akreditasi puskesmas, penggunaan dana BOK, JKN dan sebagainya. Dan semua materi ini juga di pelajari di NST.
5.    Point ketujuh yaitu masa penugasan. Sebenarnya NST dan NSI masa kontraknya sama 2 tahun. Tapi di NSI ada evaluasi 1 tahun masa penugasan, yang mana jika kinerja kita tidak sesuai yang diharapkan oleh kementerian dengan adanya laporan dari puskesmas penempatan dan dinas kesehatan setempat, bisa jadi kita dipecat guys. Jadi harus bertanggung jawab dengan tugas yang telah diamanahkan, jangan seenak jidat lari dari penempatan. Ingat loh semua yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan di akhirat.  
6.    Point delapan, tempat tugas dengan ketegori Sangat Terpencil (ST) dan Terpencil (T). Di NST semua ditempatkan di puskesmas dengan kategorinya ST yang mana akses, sarana dan prasaranya sulit. Sedangkan di NSI kita bisa memilih penempatan, apakah ingin meilih kategori T atau ST. tentu saja sarana dan prasaranya jauh berbeda tapi satu hal yang perlu diketahui tunjangannya juga berbeda. Yang mana tunjangan untuk penempatan kategori ST lebih besar dari pada penempatan dengan kategori T.
7.    Point Sembilan, penempatan tugas. Penempatan dan anggota tim di NST ditentukan berdasakan hasil tes psikologi dan wawancara yang ditentukan oleh Kemenkes. Sedangkan di NSI kita bisa memilih penempatan sesuai kenginan kita berdasarkan daftar lokasi penempatan yang telah ada di web nusantara sehat. Kita bisa memilih 2 penempatan. Yang nantinya akan diumumkan dipilihan yang mana lolos dan terkadang juga bisa tidak lolos jika banyak peminat yang memilih lokus yang kita pilih. Karena akan dilihat lagi dari skor hasil tes kita sebelumnya.
8.    Point kesepuluh, Pasca penugasan. Jika masa tugas telah berakhir dengan kontrak 2 tahun baik di NST maupun di NSI kita masih bisa kembali mendaftar NSI tapi tetap harus mengikuti tes. Namun kita sudah mendapat point tersendiri dari Kemenkes yang bisa menjadi nilai tambahan saat kembali mengikuti tes.
Nah gimana guys, sudah ada pencerahan belum tentang perbedaan NST dan NSI??? Tentukan pilihanmu, bergerak bersama membangun Indonesia dari pinggiran. Jadikan masa mudamu lebih berwarna.

*Catatan Kecil : informasi diatas berdasarkan dari materi KEBIJAKAN PENUGASAN KHUSUS TENAGA KESEHATAN INDIVIDUAL (Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDMK BPPSDMK – KEMENKES). Jika ada kesalahan informasi mohon di koreksi.
*Catatan Penulis : maaf juga jika ada yang bertanya di Fb/Ig tapi belum sempat direspon, karena saat ini  saya sedang bertugas di daerah tanpa sinyal. Nah jika ada yang masih mau tanya silahkan chat aja di
*      IG @Canradewi
*      FB @Canradewi (slow respon)
*       atau komen di blog ini.
Tapi pertanyaan jangan susah-susah yah kan saya bukan pakar. Tapi akan dijawab semampu dan sebisa mungkin. Semoga Tulisan Ini Bisa Bermanfaat…

No comments:

Post a Comment